click tracking
Kebidanan: Perawatan Payudara (Breast Care)

Kamis, 03 Februari 2011

Perawatan Payudara (Breast Care)


Perawatan payudara adalah perawatan yang dilakukan pada payudara agar dapat menyusui dengan lancar dan mencegah masalah-masalah yang sering timbul pada saat menyusui.

Tujuan perawatan payudara post Partum :
a.       Untuk menjaga kebersihan payudara sehingga terhindar dari infeksi.
b.      Untuk mengenyalkan puting susu, supaya tidak mudah lecet.
c.       Untuk menonjolkan puting susu.
d.      Untuk mencegah terjadinya penyumbatan.
e.       Untuk memperbanyak produksi ASI.
f.        Memelihara kebersihan payudara.
g.       Melancarkan keluarnya ASI.
h.       Mencegah bendungan atau pembengkakkan pada payudara.

Waktu pelaksanan
Pelaksanaan perawatan payudara pasca persalinan dimulai sedini mungkin yaitu selama periode post partum. Dapat ini dilakukan 2 kali sehari.

Perawatan Payudara dengan tanpa masalah
Pelaksanaan perawatan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a.                                           Persiapan Alat
Bahan pelumas kulit seperti : minyak kelapa / baby oil / lotion secukupnya, kapas secukupnya, waslap 2 buah, Handuk bersih, 2 buah bengkok, 2 baskom berisi air (hangat dan dingin),BH yang bersih dan terbuat dari katun, BH yang bersih dan terbuat dari katun
b.                                          Persiapan ibu
Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir dan keringkan dengan handuk.Baju ibu bagian atas dibuka. Pasang handuk dibagian bawah payudara dan dibagian punggung klien.
c.                                           Pelaksanaan  perawatan payudara
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan perawatan payudara pasca persalinan, yaitu:
1)                                    Puting susu dikompres dengan kapas minyak selama 3-4 menit, kemudian bersihkan dengan kapas minyak tadi.
2)                                    Pengenyalan yaitu puting susu dipegang dengan ibu jari dan jari telunjuk diputar kedalam 20 kali keluar 20 kali.
3)                                    Penonjolan puting susu yaitu :Puting susu cukup ditarik sebanyak 20 kali, dirangsang dengan menggunakan ujung waslap, memakai pompa puting susu.
4)                                    Pengurutan payudara yaitu :
a)                      Telapak tangan petugas diberi baby oil kemudian diratakan
b)                      Peganglah payudara lalu diurut dari pangkal ke putting susu sebanyak 30 kali.
c)                      Pijatlah puting susu pada daerah areola mammae untuk mengeluarkan colostrums.
5)                                     Bersihkan payudara dengan air bersih memakai waslap. Setelah selesai pengurutan, payudara disiram dengan air hangat dan dingin secara bergantian selama ± 5 menit (air hangat dahulu kemudian air dingin). Kemudian pakailah BH yang menyangga payudara. Diharapkan dengan melakukan perawatan payudara, baik sebelum maupun sesudah melahirkan, proses laktasi dapat berlangsung dengan sempurna.

Perawatan Payudara dengan Masalah
รจ    Pengerasan payudara
Menyusui secara rutin sesuai dengan kebutuhan bisa mambantu mengurangi pengerasan, tetapi jika bayi sudah menyusui dengan baik dan sudah mencapai berat badan ideal, ibu mungkin harus melakukan sesuatu untuk mengurangi tekanan pada payudara. Sebagai contoh, merendam kain dalam air hangat dan kemudian di tempelkan pada payudara atau mandi dengan air hangat sebelum menyusui bayi. Ibu juga bisa mengeluarkan sejumlah kecil ASI sebelum menyusui, baik secara manual atau dengan menggunakan pompa payudara. Untuk pengerasan yang parah, gunakan kompres dingin atau es kemasan ketika tidak sedang menyusui untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan mengurangi pembengkakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar