click tracking
Kebidanan: PELAYANAN YANG BERORIENTASI PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT

Kamis, 03 Februari 2011

PELAYANAN YANG BERORIENTASI PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT


Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselengarakan secara sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mncegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok dan ataupun masyarakat (Prawirohardjo, 2006).
Syarat Pelayanan Kesehatan
1.     Tersedia (available),
2.     Menyeluruh (aomprehensive),
3.     Terpadu (integrated),
4.     Berkesinambungan (continue),
5.     Adil atau merata (equity),
6.     Mandiri (sustainable),
7.      wajar (appropriate),
8.     Dapat diterima (acceptable),
9.     Dapat dicapai (accessible),
10.          Dapat dijangkau (affurdable),
11.          Efektif (effective),
12.          Efisien (efficient),
13.          Bermutu (quality).

Fungsi Pelayanan kesehatan
1.     Fungsi sosial (fungsi untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat pengguna pelayanan kesehatan ),
2.     Fungsi teknis kesehatan (fungsi untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat pemberi pelayanan kesehatan)
3.     Fungsi ekonomi (fungsi untuk memenuhi harapan dan kebutuhan institusi pelayanan kesehatan).

Tujuan pelayanan kesehatan
1.     Tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang memuaskan harapan dan kebutuhan derajat masyarakat (consumer satisfaction),
2.     Melalui pelayanan yang efektif oleh pemberi pelayanan yang memuaskan harapan dan kebutuhan pemberi pelayanan (provider satisfaction),
3.     Pada institusi pelayanan yang diselenggarakan secara efisien (institutional satisfaction).

Strategi pelayanan kebidanan
1.     Pemberdayaan masyarakat
2.     Peran serta masyarakat
3.     Kemitraan
4.     Peningkatan kualitas sumberdaya manusia
Upaya pemerintah untuk mencapai sasaran dan tujuan pembangunan kesehatan maupun pembangunan bidang lainnya yang terkait dengan kesehatan maupun pembangunan bidang lainnya yang terkait dengan kesehatan masyarakat antara lain dengan dilakukannya peningkatan sumberdaya masyarakat melalui perencanaan kebutuhan dan peningkatan kualitas melalui melalui jalur pendidikan.

Upaya Menghadapi Masalah Kesehatan
1.     Pengembangan organisasi dan manajemen
2.     Peningkatan kualitas SDM melalui pengembangan institusi pendidikan kesehatan.
3.     Peningkatan partisipasi masyarakat
4.     Pelayanan medis prima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar